Sekolah : SMP Negeri 1 Surakarta
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 4
Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk.
Kompetensi Dasar : 4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu
dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Indikator : (1) Siswa
dapat mandata urusan melakukan sesuatu;
(2) Siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk;
(3) Siswa dapat menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif;
(4) Siswa dapat menyunting.
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit (1 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
mampu mendata urutan
melakukan sesuatu.
2.
Siswa
mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk.
3.
Siswa mampu menulis petunjuk dengan menggunakan bahasa yang
efektif.
4.
Siswa mampu menyunting bahasa petunjuk.
v Karakter siswa yang diharapkan :
a.
Berwawasan luas.
b.
Tekun.
c.
Tanggung jawab.
B. Materi
Pembelajaran
1. Teks
petunjuk
2. Ciri-ciri/syarat-syarat
teks petunjuk
3. Carapenulisan
tekspetunjuk
4. Praktik
penulisan teks petunjuk.
C. Metode
Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Inkuiri
3.
Demonstrasi
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
§ Apersepsi
Ø Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang petunjuk.
Ø Peserta didik diminta untuk mencoba menyimpulkan tentang pengertian petunjuk.
Motivasi
Mampu membaca,
memahami, dan menyimpulkan isi petunjuk.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Ø
Siswa mencari informasi yang berhubungan dengan petunjuk.
Ø
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang
petunjuk.
§
Elaborasi
Ø
Siswa membaca wacana petunjuk.
Ø
Siswa mendata urutan untuk melakukan sesuatu.
Ø
Siswa menjawab pertanyaan.
Ø
Siswa menyimpulkan ciri bahasa petunjuk.
§
Konfirmasi
Ø
Guru memberikan penjelasan terhadap hasil kerja
siswa.
Ø
Guru memberikan penguatan dan refleksi terhadap
materi yang telah disampaikan.
Kegiatan Penutup
1)
Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan tentang
materi pembelajaran.
2)
Guru memberikan penguatan terhadap siswa tentang
materi.
3)
Guru memberikan penugasan kepada siswa sebagai upaya
pemantapan.
E. Sumber
Belajar
a.
Majalah nova
b.
Tabloid saji
c.
Tabloid otomotif
d.
Koran
e.
Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia
F. Penilaian
a. Teknik : Tes tulis, tes unjuk
kerja
b. Bentuk
instrumen : Tes uraian, uji petik
kerja produk
c.
Soal/Instrumen : ..
1. Tulislah
materi pokok petunjuk yang kamu peroleh!
Pedoman penskoran
No
|
Kegiatan
|
Skor nilai
|
1
2
3
4
|
Siswa menuliskan materi pokok
yang diperoleh
|
5
3
1
0
|
2. Kembangkan
materi pokok petunjuk menjadi sebuah petunjuk!
No.
|
Aspek
|
Penilaian
|
Skor
|
Skor maks
|
1
|
Kelengkapan isi
|
Ø Isi
petunjuk lengkap (sesuai ciri-ciri petunjuk)
Ø Isi
petunjuk mendekati langkap
Ø Isipetunjuk
tidak lengkap
|
2
1
0
|
2
|
2
|
Kesesuain isi
|
Ø Isi
sesuai dengan materi dan logika atau keilmuan
Ø Isi
sebagian kecil tidak sesuai dengan materi dan logika atau keilmuan
Ø Isi
sebagian besar tidak sesuai
Ø Isi
tidak sesusai materi logika
|
3
2
1
0
|
3
|
3
|
Sistematika
|
Ø Urut-urutan
sesuai
Ø Tidak
ada kesalahan
Ø Urut-urutan
tidak sesuai
|
2
3
0
|
5
|
4
|
Penggunaan ejaan dan tanda baca
|
Ø Terdapat
sedikit kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
Ø Sebagian
besar penulisan ejaan dan baca salah
Ø Penggunaan
ejaan tanda baca selah semua
|
2
1
0
|
2
|
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
|
12
|
3. Suntinglah
tulisanmu berdasarkan hasil penilaian temanmu, guru, dan berdasarkan
pendapatmu!
Pedoman Penilaian
No.
|
Aspek
|
Diskriptor
|
Skor
|
Skor
|
1
|
Ejaan
|
Pembentulan
ejaan
|
Ø Semua
kesalah dibetulkan atau tidak ada kesalahan
Ø Sebagian
kesalah dibetulkan
Ø Kesalahan
tidak dibetulkan
|
2
1
0
|
2
|
Pilihan kata
|
Pembetulan
pilihan kata
|
Ø Semua
kesalah dibetulkan atau tidak ada kesalahan
Ø Sebagian
kesalah dibetulkan
Ø Kesalahan
tidak dibetulkan
|
2
1
0
|
3
|
Kalimat
|
Pembetulan
kalimat
|
Ø Semua
kesalah dibetulkan atau tidak ada kesalahan
Ø Sebagian
kesalah dibetulkan
Ø Kesalahan
tidak dibetulkan
|
2
1
0
|
Skor maksimal :
No. 1 = 5
No. 2 =12
No. 3 = 6
Jumlah skor
maksimal = 21
Nilai akhir
= Perolehan skor x skor ideal (100)
Skor maksimum (21)
Surakarta
, 19 Desember 2011
Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah
Ratna
Purwaningtyastuti, S.Pd., M.Pd. Suci
Wulandari
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar